Hakikatnya doa disetiap aktivitas

Mau makan, selesai makan, mau tidur, bangun tidur, lagi ngaca, keluar kamar mandi, masuk kamar mandi, bahkan sebelum berhubungan juga ada doanya.

Lalu kenapa sih kita harus berdoa.

Karena pada dasarnya kita harus selalu mengingat Allah.

”Sesungguhnya, dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), ‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka’.” (QS Ali Imran ayat 190-191).

Jadi sering-sering lah mengingat Allah. Menghafal doa-doanya baik, tetapi memahami maknanya yang paling penting. Jika belum bisa menghafal gunakan saja bahasa yang sehari-hari kita gunakan. Kan Allah Maha Mendengar, pasti Allah mengerti semua bahasa bukan cuma bahasa arab saja kan.

Namun, mengingat Allah sebenarnya ada arti hakikat yang lebih sederhana lagi. Sederhana kita menyadari bahwa kita hanya suatu jiwa yang sedang Allah utus ke dunia ini untuk merasakan bagaimana menjadi Aku…

Leave a comment